LONG LIFE EDUCATION

Kamis, 25 Juni 2009

IDENTIFIKASI RIJÂl AL-ĦADÎTS

Ħadîts Bukhâri No. 3808 Kitâb Al Maghâzî Bâb Marja’ Al Nabiy Min Al aħzâb Wa Makhrajuh Ilâ Banî Quraydhah

Makalah Ini Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Pada Ujian Akhir Nasional




























DISUSUN OLEH:
MAKMUN AFANDI : 210407016
IWAN SURYANTO : 2104070


DOSEN PENGAMPU:
MUH TASRIF, M.Ag


JURUSAN USHULUDDIN PRODI TAFSIR HADITS
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
PONOROGO
2009

A. Teks Ħadîts

حدثنى عبد الله بن ابى شيبة حدثنا ابن نمير عن هشام عن ابيه عن عائشة رضى الله عنها قالت لمّا رجع النّبىّ صلّى الله عليه وسلّم من الخندق ووضع السّلاح واغتسل أتاه جبريل عليه السّلام فقال: قد وضعت السّلاح والله ما وضعناه فاخرج اليهم قال فإلى اين قال: هاهنا وأشار الى بنى قريظة فخرج النّبىّ صلّى الله عليه وسلّم اليهم.
B. Skema Sanad



















C. Data Periwayat:

1. ‘Â’isyah ra.

ASPEK DATA ISI DATA
Nama Lengkap ‘Â’isyah Binti Abu Bakr Al Shiddîq
Thabaqah/Nasab Thabaqah: Shaħâby. Nasab: Al Taymiyyah
Laqab/Kunyah Laqab: Ummu Al Mu’minînKunyah: Ummu ‘Abdillâh
Lahir/Wafat/Kurun Hidup Tinggal di Madinah, Wafat di Madinah, Tahun wafat 58 H.
Guru-Gurunya ‘Âbdullh Bin ‘Utsmân Bin ‘Âmir Bin ‘Amr Bin Ka‘b Bin Sa‘d Bin Taym Bin Murrah
Murid-Muridnya Abû Bakr Bin ‘Abd Al Raħmân Bin Ħârits Bin Hisyâm Bin Al Mughîrah, Al Aswad Bin Yazîd Bin Qays, Ayman Bin Ummu Ayman, Dzakwân Maulâ ‘Â’isyah, Sa‘d Bin Hisyâm Bin ‘Âmir, Sa‘îd Bin Al Musayyab Bin Ħazn Bin Abî Wahb Bin ‘Amr, Sulaymân Bin Yasâr, Shafiyah Bint Syaybah Bin ‘Utsmân Bin Abî Thalħah, Thalħah Bin ‘Abdullâh Bin ‘Utsmân Bin ‘Ubaydillâh Bin Ma‘mar, ‘Â’isyah Binti Thalħah, Bin ‘Ubaydillâh, ‘Âbas Bin Rabî‘ah, ‘Âmir Bin ‘Abdullâh Bin Qays, ‘Âmir Bin ‘Abdullâh Bin Mas‘ûd, ‘Ubbâd Bin ‘Abdullâh Bin Al Zubayr Bin Al ‘Awâm, ‘Abd Al Raħmân Bin Ħârits Bin Hisyâm, ‘Abdullâh Bin Al Zubayr Bin ‘Awâm Bin Khuwaylid Bin Asad, ‘Abdullâh Bin Syadâd Bin Al Hâd, ‘Abdullâh Bin ‘Âmir Bin Rabî‘ah, ‘Abdullâh Bin ‘Abbâs Bin ‘Abdul Muthallib Bin Hâsyim, ‘Abdullâh Bin ‘Abdi Al Rahmân Bin ‘Auf, ‘Abdullâh Bin Bin ‘Ubaydillâh Bin Abî Malîkah, ‘Abdullâh Bin ‘Umar Bin Al Khaththâb Bin Nufayl, ‘Abdullâh Bin Muħammad Abî ‘Atîq Bin ‘Abd Al Raħmân Bin Abî Bakr, ‘Abdullâh Bin Muħammad Bin Abî Bakr Al Shiddîq, ‘Ubaid Bin ‘Umayr Bin Qatâdah Bin Sa‘îd, ‘Ubaydullâh Bin ‘Abdullâh Bin ‘Atabah Bin Mas‘ûd, ‘Urwah Bin Al Zubayr Bin Al ‘Awâm Bin Khuwaylid Bin Asad Bin ‘Abd Al ‘Azî Bin Qushay, ‘Athâ’ Bin Abî Ribâħ Aslam, ‘Ikrimah Mawlâ Ibn ‘Abbâs, ‘Alqamah Bin Qays Bin ‘Abdullâh Bin Mâlik Bin ‘Alqamah, ‘Alqamah Bin Waqqâsh Bin Maħshn, ‘Imrân Bin Ħuththân Bin Dhabyân, ‘Amrah Bin ‘Abd Al Ramân Bin Sa‘d Bin Zurârah, ‘Awf Bin Al Ħârits Bin Al Thufayl Bin Sakhbarah, Al Qâsim Bin Muħammâd Abî Bakr Al Shiddîq, Mâlik Bin Abî ‘Âmir, Mâlik Bin ‘Âmir, Mujâhid Bin Jabr, Muħammâd Bin ‘Abd Al Raħmân Al Ħârits Bin Hisyâm, Muħammâd Bin Al Muntasyir Bin Al Ajda‘ Bin Mâlik, Masrûq Bin Al Ajda‘ Bin Mâlik Bin Umayyah, Mu‘âdah Bint ‘Abd Allah, Nâfi‘ Bin Jabîr Muth‘im Bin ‘Adî, Yaħya Bin Ya‘mar, Yûsuf Bin Mâhik Bin Bahzâd.
Sejarah Perlawatan Mencari Ħadîts
Penilaian Ulama’ Kritikus Ħadîts
Informasi Lain Ibunda beliau bernama Ummu Ruman binti ‘Amr bin Umaimir Al Kinaniyah. Beliau dilahirkan sesudah Nabi dibangkit menjadi Rasul. Beliau meriwayatkan 2210 Ħadîts. Bukhârî Muslim menyepakati sejumlah 174 Ħadîts. Bukhârî sendiri meriwayatkan 64 Ħadîts dan Muslim sendiri meriwayatkan 63 Ħadîts.beliau menerima Ħadîts dari nabi sendiri dan dari para sahabat.diantaranya ialah ayahanda beliau sendiri, ‘Umar Hamzah Bin Al Aslamy, Sa‘d Bin Abî Waqqash, Fatimah Al Zahra. Ħadîts- ħadîtsnyz diriwayatkan oleh banyak shahabat dan tabi‘in.diantara para shahabat tersebut ialah:‘Amr Bin ‘Ash, Abû Mûsâ Al Asy‘âry,Zayd Bin Khalib Al Juhany,AbûHurayrah, Ibn ‘Umar, Rabî‘ah Bin ‘Abbâs, saudaranya sendiri Ummu Kaltsum Bint Abî Bakr, saudara sesusuannya ‘Auf Bin Al Ħârits dan anak saudaranya Al Khisim Bin Muħammad.Diantara para tabi‘in:sayyid Bin Al Musayyab, ‘Abd Allah Bin ‘Amr Bin Rabî‘ah, ‘Urwah, al Syarby‘ ‘Atha, Mujâhid, Mu‘adzah Al ‘Adawiyah, Nafi‘ Mawla Ibn ‘Umar.Al Sya‘by berkata, “apabila Masruq meriwayatkan Ħadîts dari ‘Â’îsyah beliau berkata, kepadaku diceritakan oleh Shiddiqiah Bint As Shiddiq, Habibah Habibillah.Pernah orang mengatakan, bahwa seperempat hokum syari‘at diperoleh dari beliau.‘Athâ’ berkata, “‘Â’îsyah adalah sepandai-pandai ‘Ulama’.Menurut Al Zuhry, jika dibandingkan ilmu yang dimiliki oleh Â’îsyah dengan seluruh ilmu yang dipunyai oleh permaisuri-permaisuri Rasul yang lain dan ilmu para sahabat, maka ilmu yang dimiliki Â’îsyah masih lebih unggul. Â’îsyah adalah orang keempat diantara tujuh orang sahabat yang meriwayatkan Ħadîts. Pada ketika jidupnya beliau pernah difitnah dengan fitnahan yang bohong-bohong, tetapi kemudian turun ayat Qur’an suci menyatakan bahwa beliau bersih dari fitnah-fitnahan itu, sebagai yang tersebut dalam surat an Nur ayat ke-11.
Refleksi/Komentar
Sumber Rujukan

2. ‘Urwah Bin Zubayr
ASPEK DATA ISI DATA
Nama Lengkap ‘Urwah Bin Al zubayr Al ‘Awâm Bin Khuwaylid Bin Asad Bin ‘Abd Al ‘Azî Bin Qushayi
Thabaqah/Nasab Thabaqah: Wustha ( Dari golongan tabi’in). Nasab: Al Asadî
Laqab/Kunyah Kunyah: Abu ‘Abd Allah
Lahir/Wafat/Kurun Hidup Tinggal di Madinah, Wafat pada tahun 93 H.
Guru-gurunya Usâmah Bin Zayd Bin Ħâritsah Bin Syarħabîl, Asmâ’ Bint Abu Bakr Al Shiddîq, Basyîr Bin Abî Mas‘ûd ‘Uqbah Bin ‘Amr, Ħakîm Bin Ħizâm Bin Khuwaylid, Ħumrân Bin Abân Mawlâ ‘Utsmân, Khâlid Bin Zayd Bin Kalîb, Al Zubayr Bin Al ‘Awâm Bin Khuwaylid, Zaynab Bint Abî Salamah Bin ‘Abd Al Asad, Sa‘d, Sa‘îd Bin Zayd Bin ‘Amr Bin Nufayl, ‘Â’isyah Bint Abî Bakr Al Shiddîq, ‘Âshim Bin ‘Umar Bin Al Khathâb, ‘Abd Al Raħmân Bin Sa‘d, ‘Abd Al Raħman Al Shakhr, ‘Abd Al Raħmân Bin ‘Abd, ‘Abd Allah Bin Ja‘far Bin Abî Thâlib, ‘Abd Allah Bin Zubayr Bin Al ‘Awâm Bin Khuwaylid Bin Asad, ‘Abd Allah Bin Zam‘ah Bin Al Aswad, ‘Abd Allah Bin ‘Abbâs Bin ‘Abd Al Muththâlib Bin Hâsyim, ‘Abd Allah Bin ‘Umar Bin Al Khaththâb Bin Nufayl, ‘Abd Allah Bin ‘Amr Bin Al ‘Âsh Bin Wâ’il, ‘Abd Allah Bin ‘Adî Bin Al Khiyâr, ‘Umar Bin Abî Salamah ‘Abd Allah Bin ‘Abd Al Asad, ‘Amr Bin Al ‘Âsh Bin Wâ’il Bin Hâsyim, Muħammad Bin Maslamah Bin Salamah, Marwân Bin Al Ħakam Bin Abî Al ‘Âsh Bin Umayyah, Al Masûr Bin Mukhrimah Bin Naufal, Al Mughîrah Bin Syu‘bah Bin Abû ‘Âmir, Nâfi‘ Bin Jabîr Bin Muth‘im Bin ‘Adî, Hindun Bint Abî Umayyah Bin Al Mughîrah.
Murid-muridnya Sa‘d Bin Ibrâhîm Bin ‘Abd Al Raħmân Bin ‘Auf, shâlih Bin Kîsân, ‘Abd Allah Bin Abî Bakr Bin Muħammad Bin ‘Amr Bin Ħazm, ‘Abd Allah Bin Ħafsh Bin ‘Umar Bin Sa‘d Bin Abî Waqâsh, ‘Abd Allah Bin Dzakwân Abû Al Zanâd, ‘Abd Allah Bin ‘Abd Al Ramân Bin ‘Auf, ‘Abd Allah Bin ‘Ubaidillâh Bin Abî Malîkah, ‘Abd Allah bin ‘Urwah Bin Al Zubayr Bin Al ‘Awâm, ‘Utsmân Bin ‘Urwah Bin Al Zubayr Bin Al ‘Awâm, ‘Arâk Bin Mâlik, ‘Athâ’ Bin Abî Ribâħ Aslam, ‘Umara Bin ‘Abd Allah Bin ‘Urwah Bin Al Zubayr Bin Al ‘Awâm, Muħammad Bin Ibrâhîm Bin Al Ħârits Bin Khâlid, Muħammad Bin Ja‘far Bin Al Zubayr Bin Al ‘Awâm, Muħammad Bin Muslim Bin ‘Ubaidillâh Bin ‘Abd Allah Bin Syihâb, Muħammad Bin Al Munkadir Bin ‘Abd Allah Bin Al Hadbir, Hisyâm Bin ‘Urwah Bin Al Zubayr Bin Al ‘awâm, Hilâl Bin Al Muqlâsh, Yahyâ Bin ‘Urwah Bin Al Zubayr Bin Al ‘Awâm, Yazîd Bin Rûmân Mawlâ Al Zubayr.
Sejarah perlawatan mencari Ħadîts
Penilaian ulama’kritikus Ħadîts
Informasi lain ‘Urwah Bin Al zubayr Al ‘Awâm Bin Khuwaylid Bin Asad Bin ‘Abd Al ‘Azî Bin Qushayi, salah seorang fuqaha‘ 7 di Madinah. Seorang ahli agama yang besar shalih lagi sangat murah hatinya. Beliau tidak mencampuri kekacauan-kekacauan dalam Negara yang terjadi diantara sesama sahabat.Ayahnya Al Zubayr Bin Al ‘Awwâm adalah seorang puter dari makcik Nabi SAW. Yang bernama Shafiyah Bint abd Al Muththallib.Al Zubayr adalah seorang hawary Rasûlillâh, salah seorang sahabat 10 yang mendapat surga, salah seorang sahabat 6 yang ditunjuk menjadi Ashħâb Al syûrâ. Ibunda beliau bernama Asmâ’ Bint Abû Bakr.Beliau menerima hadits dari ayahnya, makciknya ‘Â’îsyah, saudaranya ‘abd Allah, ibunya Asmâ’, ‘Aly Bin Abî Thâlib, Sa‘îd Bin Zayd Bin Nufayl, Hakîm Bin Ħizam, ‘abd Allah Bin Ja‘far, ‘Abd Allah Bin ‘Abbâs, ‘Abd Allah Bin ‘amr Bin ‘Ash, Usâmah Bin Zayd, ‘Amr Bin ‘Ash, Abû Hurayrah, Ummu Salamah, Ummu Ħabîbah, Jabir Bin ‘abd Allah dan lain-lain.Ħadîts- Ħadîtsnya diriwayatkan oleh putera-puteranya sendiri ‘Abd Allah, ‘Utsmân, Hisy7m, Muħammad dan Yaħyâ, oleh cucunya ‘Umar Bin ‘Abd Allah, oleh anak saudaranya Muħammad Bin Ja‘far Bin Zubayr, oleh aswad, Muħammad Bun ‘abd Al; Raħmân Bin Nawfal, Sulaymân BinYasar, Abu Burdah, ‘Ubaidillâh Bin ‘Abd Allah Bin ‘Uthbah, Shaliħ Bin Kaysân dan ‘Athâ’ Bin Abî Rabah.Kata Al ‘Ajaly, “Urwah adalah seorang tabi‘y yang kepercayaan, seorang shalih yang tidak mencampuri kekacauan politik dimasanya”.Kata qabishah, “‘Urwah melebihi kami, karena beliau selalu mengunjungi ‘Â’îsyah untuk belajar dan ‘Â’îsyah adalah orang yang sangat alim”.Ibn Sa‘d memasukkan ‘Urwah kedalam thabaqat yang kedua dari tabi‘in Madinah, beliau berkata, “‘Urwah adalah seseorang kepercayaan, banyak menghafal hadits, dan terkemuka dalam ilmu fiqh.
Refleksi/komentar
Sumber rujukan

3. Hisyâm Bin ‘Urwah
ASPEK DATA ISI DATA
Nama Lengkap Hisyâm Bin ‘Urwah Bin Al Zubayr Bin Al ‘Awâm
Thabaqah/Nasab Thabaqah: Al Shughrâ ( Dari golongan tabi’in).Nasab: Al Asadî
Laqab/Kunyah Kunyah: Abû Al Mundzir
Lahir/Wafat/Kurun Hidup Tinggal di Madinah, Wafat di Baghdad pada tahun 145 H.
Guru-gurunya ‘Ubbâd Bin ‘Abd Allah Bin Al Zubayr Bin Al ‘Awâm, ‘Abd Allah Bin ‘Urwah Bin Al Zubayr Bin Al ‘Awâm, ‘Utsmân Bin ‘Urwah Bin Al Zubayr Bin Al ‘Awâm, ‘Urwah Bin Al Zubayr Bin Al ‘Awâm Bin Khuwaylid Bin Asad Bin Al ‘Azî Bin Qushayi, Fâthimah Bint al Mundzir Bin Al Zubayr Bin Al ‘Awâm, Wahb,bin Kîsân.
Murid-muridnya Abân Bin Yazîd, Usâmah Bin Ħafsh, Isrâ’îl Bin Yûnus Bin Abî Isħâq, Anas Bin ‘Iyadl Bin Dlamrah, Jarîr Bin ‘Abd Al Ħamîd Bin Qarth, Ħâtim Bin Ismâ‘îl Bin Abî, Ħafsh Bin Ghiyâts Bin Thalq, Ħafsh Bin Maysarah, Ħammad Bin Usâmah Bin Zayd, Ħammâd Bin Zayd Bin Dirham, Ħammâd Bin Salamah Bin Dînâr, Ħumayd Bin ‘Abd Al Raħmân Bin Ħumayd Bin ‘Abd Al Raħmân, Zâ’dah Bin Qudâmah, zuhayr Bin Mu‘awiyah Bin Ħudayj, Sa‘îd Bin Salamah Bin Ab Al Ħisâm, Sufyân Bin Sa‘îd Bin Masrûq, Sufyân Bin ‘Uyaynah Bin abî ‘Imrân Maymûn, Salâm Bin Abî Muthî‘ Sa‘d, Salamah Bin Rajâ’, Sulayman Bin Bilâl, Sulayman Bin Ħayyân, Syu‘bah bin Al Ħajjâj Al Ward, ‘Abd Al Raħmân Bin Abî Al Zanâd ‘Abd Allah Bin Dzakwân, ‘Abd Allah Al ‘Azîz Bin Muħammad Bin ‘Ubayd Bin Abî ‘Ubayd, ‘Abd Al ‘Azîz Al Mukhtâr, ‘Abd Allah Bin Idrîs Bin Yazîd Bin ‘Abd Al Raħmân Bin Al Aswad, ‘Abd Allah Bin Dâwud Bin ‘Âmir, ‘Abd Allah Bin Al Mubârak Bin Wâdliħ, ‘Abd Allah Bin Numayr, ‘Abd Al Mulk Bin ‘Abd Al ‘Azîz Bin Jurayj, ‘Abdah Bin Sulaymân, ‘Ubaidullâh Bin Mûsa Bin Abî Al Mukhtâr Bâdzam, ‘Itsâm bin ‘Ali Bin Hujayr, ‘Ali Bin Mushar, ‘Amr Bin Al Ħârits, ‘îsa Bin Yûnus Bin Abî Isħâq, Fulayħ Bin Sulaymân Bin Abî Al Mughîrah, Layts Bin Sa‘d Bin ‘Abd Al Raħmân, Mâlik Bin Anas Bin Mâlik Bin Abî ‘Âmir, Mâlik Bin Sa‘îr bin Al Khams, Muħâdlir bin Al Mawru‘, Muħammad Bin Basyâr Bin Al Furâfishah, Muħammad Bin Ja‘far Bin Abî Katsîr, Muħammad Bin Khâzim, Muħammad Bin ‘Abd Al Raħmân, Muħammad Bin Fudlayl Bin Ghazwân Bin Jarîr, Muħammad Bin Muslim Bin Abî Al WadlâhAl Matsnâ, Ma‘mar Bin Râsyid, Al Nadlr Bin Syamîl, Hisyâm Bin Ħisân, Hammâm Bin Yahyâ Bin Dînâr, Wakî‘ bin Al Jarâħ Bin Muliħ, Wuhayb Bin Khâlid Bin ‘Ijlân, Yaħyâ Bin Abî Zakariyâ, Yaħyâ Bin Sa‘îd Bin Furûkh,Muħammad Bin Sa‘d, Ya‘qûb Bin Syaybah, Abu Ħatim Al Râzi, Ibn Khirâsy, Al ‘Ujlâ, Ibn Ħibbân.
Sejarah perlawatan mencari Ħadîts
Penilaian ulama’kritikus Ħadîts
Informasi lain
Refleksi/komentar
Sumber rujukan

4. ‘Abd Allah Bin Numayr
ASPEK DATA ISI DATA
Nama Lengkap ‘Abd Allah Bin Numayr
Thabaqah/Nasab Thabaqah: Sughra (Dari golongan tabi’in).Nasab: Al Hamdanî Al Khârifî
Laqab/Kunyah Kunyah: Abû Hâsyim
Lahir/Wafat/Kurun Hidup Lahir di Kufah, meninggal pada tahun 199 H.
Guru-gurunya Ismâ‘îl Bin Abî Khâlid, ‘Ubaidullâh Bin ‘Umar Bin Ħafsh Bin ‘Âshim Bin ‘Umar Bin Al Khaththâb, Hisyâm Bin ‘Urwah Bin Al Zubayr Bin Al ‘Awâm.
Murid-muridnya Isħâq Bin Ibrâhîm Bin Mukhallid, Isħâq Bin Manshûr Bin Bahrâm, Zakariya Bin Yaħya Bin Shâliħ Bin Sulaymân, ‘Abd Allah Bin Muħammad Bin Abî Syaybah Ibrâhîm Bin ‘Utsmân, ‘Ubaydullâh Bin Sa‘îd Bin Yaħyâ, ‘Ali Bin Muslim Bin Sa‘îd, Muħammad Bin Salâm Bin Al Farj, Muħammad Bin ‘Abd Allah Bin Numayr.
Sejarah perlawatan mencari Ħadîts
Penilaian ulama’kritikus Ħadîts
Informasi lain
Refleksi/komentar
Sumber rujukan

5. ‘Abd Allah Bin Muħammad
ASPEK DATA ISI DATA
Nama Lengkap ‘Abd Allah Bin Muħammad Bin Abî Syaybah Ibrâhîm Bin ‘Utsmân
Thabaqah/Nasab Thabaqah: Kibâr Tab‘u Al Atbâ‘Nasab: Al ‘Abasyi
Laqab/Kunyah Kunyah: Abu Bakr
Lahir/Wafat/Kurun Hidup Lahir di Kufah meninggal pada tahun 235 H.
Guru-gurunya Abû Bakr Bin ‘Iyâsy Bin Sâlim, Ja‘far Bin ‘Aun Bin Ja‘far Bin ‘Amr Bin Ħarîts, Ħammâd Bin Usâmah Bin zayd, ‘Abd Al Raħmân Bin Mahdyi Bin Ħisân Bin ‘Abd Al Raħmân, ‘Abd Allah Bin Idrîs Bin Yazîd Bin ‘Abd Al Raħmân Bin Al Aswad, ‘Abd Allah Bin Numayr, ‘Abd Allah Bin Mûsâ Bin Abî Al Mukhtâr Bâdzam, Muħammad Bin ‘Abd Allah Bin Al Zubayr Bin ‘Umar Bin Dirham, Muħammad Bin Fudlail Ghazwân Bin Jarîr, Wakî‘ bin Al Jarâħ Bin Mulîħ, Yaħya Bin Sa‘îd Bin Furûkh, Yazîd Bin Hârun.
Murid-muridnya Al Bukhârî
Sejarah perlawatan mencari Ħadîts
Penilaian ulama’kritikus Ħadîts
Informasi lain
Refleksi/komentar
Sumber rujukan

6. Al Bukhârî
ASPEK DATA ISI DATA
Nama Lengkap Abu ‘Abd Allah Muħammad Bin Ismâ‘îl Bin Ibrâhîm Bin Al Mughîrah Bin Bardazbah Al Ja‘fi
Laqab/Kunyah Kunyah: Ibn Al Aħnaf Al Ja‘fi, Abu ‘Abd Allah Ibn Abî Al Ħasan.Laqab: Al Bukhârî, Al Ħâfidh, Amîr Al Mu4minîn Fî al Ħadîts.
Lahir/Wafat/Kurun Hidup Lahir di Bukhâra, Jum‘at 13 Syawwal 194 H, wafat 30 Ramadlan 256 H. pada usia 62 Tahun
Guru-gurunya Ibrâhîm Bin Hamzah Al Zubayr, Aħmad Bin Ħanbal, Ismâ‘îl Bin Abî Uways, ‘Abd Allah Bin Yûsuf Al Tinnîsî, Abû Al Yamân Al Ħakam Bin Nâfi‘, ‘Alî Bin Al Madinî, Yaħyâ Bin Ma‘în, Muħammad Bin Yûsuf, Ibn Ruħawayh, Ahmad Bin Shâliħ Al Mishry, ‘Abd Allah Bin Al zubayr Al Ħumaydî.
Murid-muridnya Al Turmudzi,
Sejarah perlawatan mencari Ħadîts Ketika usianya belum mencapai10 tahun Imâm Al Bukhârî telah memulai belajar hadîts, sehingga tidak mengherankan apabila pada usia kurang lebih 16 tahun telah berhasil menghafal matan sekaligus rawi dari beberapa buah kitab karangan Ibn Al Mubârak dan Waqî‘. Ketika berusia 16 tahun, yaitu pada tahun 210 H ia menuanikan ibadah haji dan menetap disana selama 6 tahun untuk belajar hadits, setelah itu dilanjutkan dengan berkelana mencari hadits keberbagai kota seperti: Madinah, Khurasan, Syam, Mesir, Baghdad, Bashrah dan tempat-tempat lainnya. Didaerah-daerah itulah imam Bukhari banyak belajar kepada guru ahli hadits.ia mengatakan, “Aku menulis hadits dari 1080 orang guru yang semuanya ahli hadits”.Disamping itu, banyak ulama’ yang belajar dan meriwayatkan hadits darinya, diantaranya Ibn Abî Dâwud, Al Nasâ’i, Al Turmudzî, Muslim Ibn Al Ħajjâj.
Penilaian ulama’kritikus Ħadîts Semua ulama’ baik dari gurunya maupun para sahabatnya memuji dan mengakui ketinggian ilmunya, sehingga tidak diragukan lagi ketsiqahhannya.
Informasi lain Abu ‘Abd Allah Muħammad Bin Ismâ‘îl Bin Ibrâhîm Bin Al Mughîrah Bin Bardazbah Al Ja‘fi. kakek-kakek bebeliau beragama Majusi.Kakeknya yang mula-mula memeluk Islam ialah Al Mugirah di Islamkan oleh Al Yaman Al Ja‘fy, gubernur Bukhara. Karenanyalah beliau dikatakan Al Ja‘fy.Ayah beliau adalah seorang ahli hadits, yang meninggal diwaktu beliau masih kecil dan meninggalkan untuknya banyak harta. Karena itu beliau dididik oleh ibunya dan beliau mendapat pelajaran pertama dari seorang ulama’ fiqh.Dan usia 10 tahun, mulailah beliau menghafal kitab-kitab susunan Ibn Al Mubârak dan Wakî‘ serta melawat untuk menemui ulama’-ulama’ nhadits diberbagai kota.Beliau melawat ke Maru, naysabury, Ray, Baghdad, bashrah, Kufah, makkah, madinah, Mesir, Damaskus dan Asqalan.Beliau meriwayatkan hadits dari segolongan penghafal hadits, diantaranya ialah< Makky Ibn Ibrahim al Balkhy, ‘Abdan Ibn ‘Utsman al Marwazy, ‘abd Allah Ibn Musa Al Qaisy, abu ‘ashim Asy Syaibany, Muhammad Ibn ‘abd Allah Al Ansahary, Muhammad Ibn Yusuf al Firyabi, abu Nu‘aym al Fadl Ibn Dikkien, ‘Aly Ibnul Madiny, ahmad Ibn Hanbal, yahya Ibn Ma‘ien, Isma‘il Ibn Idris al Madany, Ibn Rahawaih dan lain-lain.Beliau tyelah membuat suatu cara baru yang kuat untuk membedakan antara hadits yang shahih dan yang tidak, sedang kitab-kitab yang sebelumnya, tidak berbuat demikian, hanya mengumpulkan hadits, yang sampai kepada pengarang kitab, sedang pembahasan perawi-perawinya diserahkan kepada orang-orang yang akan mempelajarinya saja.Al Faraby berkata, “kitab al bukhary didengar oleh sembilan puluh ribu oaring dan tidak ada seorangpun yang masih tinggal dan meriwayatkan hadits daripadanya selain aku”.al Bukhary mempunyai daya hafalan yang sangat kuat khusunya dalam bidang hadits. Dalam masa kanak-kanak beliau telah menghafal 70.000 hadits, lengkap dengan snadnya.Beliau mengetahui hari lahir, hari wafat dan tempat-tempat para perawi hadits dan dicatatnya pula apa yang beliau hafal.Ibn ‘Ady berkata,” diterangkan oleh guru-guru hadits bahwa al Bukhary diketika tiba di Baghdad, berkumpullah para ahli Baghdad dihadapnnya. Mereka mengambil 100 hadits lalu menukar matan dan sanadnya. Masing-masing mereka mengambil 10 hadits untuk dikemukakan kepada al Bukhary didalam pertemuan itu. Mereka mengemukakan satu persatu daripada hadits-hadits itu, sedang al Bukhary menjawab bahwa dia tidak mengetahui hadits yang dikemukakan ini. Para penanya itu satu sama lain berkata, siapakah yang mengira bahwa sal Bukhary dapat memberikan jawaban. Setelah mereka semua selesai mengemukakan kepadanya 100 hadits dimana beliau selalu menjawab, saya tidak mengetahuinya, barulah beliau berkata, hadits yang pertama yang anda kemukakan, isnadnya begini, hadist yang kedua isnadnya begini. Beliau mengembalikan segala matan hadits kepada sanadnya yang sebenarnya. Setelah beliau selesai mengembalikan 100 hadits kepada sanadnya yang sbenarnya, para ulama’ itupun mengakui bhaw al bukhary adalah seorang yang kuat hafalannya.Beliau banyak menyusun kitab-kitab, diantara sejumlah karyanya adalah Al Adabul Mufrad, raf‘ul Yadaini Fishshalati, al qira-atu Khalfal Imam, birrul Walidaini, al dlu‘afa’,al Jamî‘ Al Shaħîħ, Al Târîkh al Kabîr, AlTarîkh al Shaghîr, Asyribah, Al Hibah, Asamish shahabah, Al Târîkh al Awsath, Kitab al Kuna dan al fawaid.
Sumber rujukan Tahdzîb Al Kamâl fî Asmâ’ Al Rijâl, karya Al Mizzî.Tahdzîb Al Tahdzîb, karya Ibn hajar Al ‘Asqalanî.Ushûl Al Ħâdîts, ‘Ulumuh wa Musthalahuh, karya Muħammad ‘Ajjaj Al Khathîb.Fatħ Al Bârî fî Syarħ Shâhîħ Al Bukhârî, karya Ibn hajar al ‘Asqalanî.

D.
E.
F.
G.